Rabu, 15 Juni 2022

Pembinaan Konselor Sebaya di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Remaja adalah seseorang yang berada dalam masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa remaja umumnya terjadi dalam rentang usia 10-24 tahun, dan dibagi menjadi tiga tahapan perkembangan. Dalam usia ini biasanya banyak terjadi problematika baik dalam hal psiklogis maupun kesehatan fisik.

Remaja yang merupakan aset bangsa ini harus dididik dan diberdayakan dengan baik agar kelak menjadi penerus bangsa yang berkualitas dan bisa membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar. Oleh karena pentingnya masa remaja ini, sebagai salah satu upaya dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada para remaja, Puskesmas Bumijawa mencanangkan Program Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) yang fokus utamanya adalah memberikan peayanan kesehatan dan konseling untuk remaja.

Namun ternyata, para remaja biasanya lebih nyaman jika harus bercerita kepada teman sebaya nya dibanding kepada orang yang lebih dewasa secara usia, hal ini menjadi tantangan juga dalam pelaksanaan PKPR, maka dari itu Puskesmas Bumijawa juga bekerja sama dengan isntansi-instansi pendidikan di wilayah Puskesmas Bumijawa untuk membentuk Konselor Sebaya yang dipilih dari siswa-siswa yang dianggap cakap untuk menjadi seorang konselor sebaya.

Konselor sebaya adalah individu yang memberikan bantuan kepada orang lain yang sebaya agar dapat mengatasi masalahnya. Relasi yang terjalin bersifat interpersonal dan dilakukan oleh nonprofessional. Hubungan sebaya memiliki peranan yang kuat dalam kehidupan remaja.

Beberapa waktu lalu, tim Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dari Puskesmas Bumijawa mengadakan Pembinaan Konselor Sebaya di SMPN 1 Bumijawa, SMPN 2 Bumijawa, dan SMPN 3 Bumijawa. Harapan besar kami, para konselor sebaya ini bisa menjadi kepanjangan tangan dari Puskesmas Bumijawa dalam menampung dan memberikan solusi terhadap permasalahan para Remaja ini.






Postingan Sebelumnya
Postingan Selanjutnya

0 comments: